Pemkab Pesawaran Pastikan Bantu Bayi Yasmin Penderita Tumor Teratoma

Tim medis RSUD Pesawaran menangani Bayi Yasmin Shireen/Ist
Tim medis RSUD Pesawaran menangani Bayi Yasmin Shireen/Ist

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran bantu pengobatan Yasmin Shireen Elbarin, bayi berusia 19 hari yang didiagnosa menderita tumor teratoma.

Yasmin merupakan anak dari pasangan Muhammad Abdul Muin dan Dwi Lingga Ambarwati warga Perumahan Pesawaran Residence Blok. L No.9 RT.05 Desa Kurungan Nyawa Kecamatan Gedongtataan Kabupaten setempat.

Sekdakab Kesuma Dewangsa mengatakan bantuan ini diberikan sebagai bentuk kepedulian Pemkab kepada bayi Yasmin yang sudah menderita tumor sejak dalam kandungan dan keluarganya yang membutuhkan uluran tangan.

“Nanti akan kita rujuk ke Rumah Sakit di Provinsi Lampung untuk dideteksi lagi penyakitnya dan bisa ditangani lebih lanjut agar bisa segera sembuh,” ujar Kesuma, Sabtu (17/4).

Menurutnya, Pemkab juga memberikan dana pendampingan selama masa pengobatan. 

“Ya, kita juga akan memberikan dana pendampingan kepada keluarganya selama masa pengobatan,” katanya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan saat ini pihaknya sudah memberikan edukasi kepada orangtua bayi mengenai tetalaksanan perawatan dan rencana Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

“Tadi juga kita melalaui tim kesehatan dari Puskesmas Bernung, Homecare dan Bidan Desa sudah mengunjungi pasien dan melakukan pemeriksaan selanjutnya memberikan edukasi tata laksana perawatan bayi kepada orangtuanya serta rencana pemberian makanan tambahan untuk bayi,” jelasnya.

Diketahui, saat ini bayi Yasmin sudah dibawa ke RSUD Pesawaran untuk diberikan penanganan.

“Untuk sementara ini penanganannya di RSUD Pesawaran dulu sambil menunggu kesiapan dari dokter bedah anak yang ada di Bandarlampung atau Rumah Sakit Immanuel,” pungkasnya.