Bandara Radin Inten II Buka Layanan Genose C19 Dengan Biaya Rp40 Ribu

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo saat melakukan pemeriksaan layanan GeNose C19 di Bandara Radin Inten II Lampung/Ist
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo saat melakukan pemeriksaan layanan GeNose C19 di Bandara Radin Inten II Lampung/Ist

Bandara Radin Inten II Lampung membuka layanan Genose C19 (Alat tes Covid-19) setiap hari mulai pukul 07.00 sampai pukul 16.00 WIB dengan biaya Rp40.000 per orang.

Keputusan ini sesuai dengan Surat Direktorat Jendral Perhubungan Udara Nomor AU.201/11/3/DJPU.DKP.2021 Perihal Pelaksanaan GeNose C19 di Bandar Udara Radin Inten II  Lampung.

Executive General Manager Bandara Radin Inten II Lampung M Hendra Irawan mengatakan, melalui Airport Health Center layanan GeNose C19  mulai hari ini (19-04-2021) resmi dibuka dan berlaku setiap hari.

Tujuannya untuk membantu dan  meringankan beban masyarakat yang akan melakukan perjalanan udara, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan trafik penumpang pesawat di Lampung.

"Setelah melakukan simulasi (18/4). Maka kami resmi membuka layanan Genose C19 atau alat tes Covid-19  setiap hari di Bandara Radin Inten II Lampung. Kehadiran layanan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)," kata dia di Bandara Radin Inten II Lampung, Senin (19/4).

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo menilai, layanan GeNose di Bandara  sangat efektif dan efisien dimana sangat membantu meringankan beban masyarakat, sehingga kedepannya diharapkan dapat meningkatkan jumlah pelaku perjalanan khususnya transportasi udara.

"Saya apresiasi dengan adanya layanan ini dan berharap bahwa selain adanya layanan Genose di terminal dan bandara, seluruh simpul transportasi di Lampung akan menyediakan layanan GeNose sebelum diberlakukannya periode larangan mudik," kata Bambang.

Berdasarkan informasi yang didapat Kantor Berita RMOLLampung, Farmalab selaku pihak pengelola Airport Health Center menyediakan 4 unit GeNose dan 3 bilik uji pernapasan dengan ketersediaan stok 500 kantong udara. 

Sedangkan untuk kebutuhan perharinya  akan dievaluasi secara periodik sesuai dengan tren penggunaan layanan GeNose di bandara.

Adapun syarat untuk pemeriksaan Genose C19 sendiri diantaranya:

1. Calon penumpang harus dalam kondisi sehat.

2. Calon penumpang telah memiliki tiket dan memesan layanan  genose melalui Aplikasi.

3. Calon Penumpang dilarang makan/minum serta merokok kecuali minum air putih 30 menit sebelum pemeriksaan sampel napas.

4. Calon penumpang wajib  berkumur sebelum pemeriksaan sampel napas.